Kelemahan Blogspot untuk SEO dan Cara Mengatasinya

Berbicara mengenai kelemahan alias kekurangan blogspot apakah seo friendly alias tidak, sebetulnya telah tak sedikit di bahas di forum-forum maupun di blog-blog sebelah. Tapi sedikit yang mengulas bagaimana menutupi kelemahan-kelemahan tersebut supaya blogspot menjadi seo friendly.
https://app.box.com/shared/6o9mr9zs6n

Pada artikel juragan kali ini, juragan akan mengulas bagaimana menutupi kelemahan blogspot tersebut supaya menjadi mesin blog yang powerful di SEO supaya blog sobat kebanjiran ribuan pengunjung dari google. Dari mata seorang pemula, Juragan menjabarkan berbagai persoalan fatal pada mesin blogger dan solusinya :

1. Blogspot/Blogger tak mempunyai "the real categories"
Pada dasarnya mesin blogspot tak mempunyai kategori yang sesungguhnya. Sebagian besar blogger memanfaat fitur "label" sebagai kategori mereka.
Disini Kak Rei melakukan analisis pada robots.txt-nya blogspot dan mendapati bahwa setiap alamat url yang mengadung "/search" tak akan di follow oleh robot google dan mengakibatkan alamat tersebut tak di index oleh google. Alamat url label blogspot (cth: http://blogjuragan.blogspot.com/search/label/Belajar%20SEO%20Blogspot) juga mengandung "/search". Ini artinya label blogger tak akan di index google dan suatu link menuju label blogspot tak akan dianggab sebagai backlink.

Solusi : Gunakan tag "nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada posting maupun pada sidebar. Ingat ! memperlihatkan backlink menuju suatu alamat url label pada blogspot merupakan faktor yang sia-sia.

2.Template blogspot tak SEO friendly
Dari mulai persoalan title, meta tag, related post dan lain-lain, tak di sediakan dengan cara default oleh blogger. Untuk itu sobat mampu menambahkan fitur-fitur penting tersebut dengan mengedit kode html blog.

Solusi : Tutorial mengedit Blogspot/blogger template supaya seo friendly.

3. Template blogspot tak valid xhtml
Sebenarnya ini mampu dikatakan merupakan persoalan besar pada mesin blogspot, akan melainkan dari pengawasan seorang pemula semacam juragan malah menonton ketidak-valid-an template blogspot ini tak terlalu menghipnotis ke-seo-an mesin blogger. Contohnya mampu dilihat berbagai kata kunci di google malah dikuasai oleh blog-blog bermesin blogger. Blog-blog tersebut sangat tak sedikit mempunyai error saat di cek dengan w3c validator, tapi faktor itu tidaklah membikin blog-blog tersebut tak mampu melanglang buana di SERP google. Entah ini hanya mitos alias bukan, mempunyai blogspot yang valid html pasti akan memudahkan jalan sobat menuju posisi puncak di google serp.

Solusi : Kak Rei menyarankan untuk memakai template blogspot valid html buatannya om choen(deconstructioncode.blogspot.com). Sedot Dimari

4.Alamat url posting yang terbatas
Coba sobat-sobatnya juragan perhatikan alamat url posting berikut ini, http://blogjuragan.blogspot.com/2010/02/cara-pasang-meta-tag-di-setiap.html , judul artikel tersebut adalah, Cara pasang meta tag di setiap artikel otomatis. coba perhatikan goresan pena dengan warna merah dan bandingkan dengan judul postingan. Ternyata, tak seluruh judul artikel akan menjadi alamat url artikel blog kita. Melainkan akan terpotong hanya hingga 6 kata. Akibatnya, ini berpengaruh terhadapat posisi posting tersebut di serp sebab semacam yang selagi ini sobat dan juragan ketahui bahwa keywor yang ada pada url akan sangat berpengaruh di google.

Solusi : saat akan memposting artikel, cobalah memendekkan judul artikel hingga maksimal 6 kata-kata mutlak saja. Lalu, seusai terpublish eksklusif edit lagi dan ubah judulnya menjadi judul lengkap sebelum dipendekkan tadi. Contoh : juragan aka mempublish sebuar artikel dengan judul, Cara pasang meta tag di setiap artikel otomatis, jadi juragan akan mengubah judulnya menjadi : pasang metatag setiap artikel otomatis. Lalu seusai di publish, juragan edit kembali dengan judul semula.

Nah, demikianlah artikel belajar seo untuk blogspot hari ini dari juragan. Barangkali ada tambahan ? alias ada persoalan lain dengan seo untuk blogspot ?
Previous
Next Post »
 

Translate

Search

Archives